Semua Kambing Itu Putih

Maret 5, 2008 pukul 3:11 am | Ditulis dalam Proaktif | Tinggalkan komentar
Tag: ,

Banyak orang yang mencoba mencari kambing hitam saat ditimpa suatu kegagalan atau kesulitan. Bisa jadi orang lain, lingkungan, peristiwa, bahkan takdir dijadikan kambing hitam kesalahan atau kegagalan kita. Padahal dalam hal ini, semua kambing adalah berwarna putih. Tidak ada yang namanya kambing hitam.

Artinya tidak ada yang bisa disalahkan atas semua yang menimpa kita, kecuali diri kita sendiri. Semua yang terjadi adalah berkat pikiran dan tindakan kita. Jika kita mengalami kesulitan atau kegagalan, adalah sebagai tanda bahwa tindakan kita atau pikiran kita perlu kita perbaiki.

Menyalahkan orang lain hanyalah akan membuang-buang energi kita. Daripada kita sibuk mencari kambing hitam, akan lebih baik kita instropeksi diri untuk mencari tahu apa yang harus kita perbaiki. Tindakan apa yang harus kita perbaiki atau kita juga perlu mengubah cara berpikir kita. Jika kita melakukan ini, maka energi kita tidak akan terbuang dengan percuma, tetapi termanfaatkan untuk kebaikan.

Orang yang berpikir positif selalui mengakui bahwa kesalahan ada pada dirinya. Apakah Anda mengakui bahwa kondisi diri Anda saat ini hasil dari pikiran dan perbuatan Anda dimasa lalu?

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: